Perlukah Antivirus Untuk Android??


gambar android


Arena Seluler - Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan untuk perangkat seluler Touch Screen seperti Smartphone dan tablet Komputer. Android pertama dikembangkan oleh Android, Inc., dengan didukung Google sebagai penjamin financial, yang pada akhirnya Google mengakuisisi secara penuh pada tahun 2005. Android dikembangkan seddemikian rupa dengan fitur-fiturnya dan akhirnya Sistem operasi ini secara resmi dirilis  pada tahun 2007,  Smartphone Android pertama kali dijual pada tahun 2008 tepatnya pada bulan Oktober dengan Android Beta dan dilanjutkan Android Versi 1.0 pada tahun 2008. android terbaru saat ini dengna versi 5.0 Lolipop yang dirilis pada bulan November 2015.

Pertanyaan yang sering muncul adalah, Masih Perlukah Antivirus untuk Android?? secara Sistem Operasi linux sendiri yang bisa dikatakan tidak mempan alias kebal oleh serangan virus. Seperti sistem operasi yang hadir lebih dulu yaitu Symbian, yang dimana sistem operasi tersebut sangatlah rentan terhadap berkembangnya virus seperti yang sering dijumpai adalah AutoSMS, dimana handphone kita akan secara otomatis menggirim pesan ke semua kontak yang tersimpan. Bagaimana dengan Android?

Kaspersky yang sudah pengalaman dalam dunia antivirusnya pernah menemukan virus Trojan SMS pada sistem android. Sehingga mulai ramai juga beredar antivirus untuk android. Dari pihak Google sendiri sudah berusaha melindungi keamanan smartphone dengan mencega installasi aplikasi dari pihak ketiga atau aplikasi yang tidak beredar resmi di Google Play. Tetapi dari salah satu Karyawan Google sendiri menulis di akun Google Plusnya tentang adanya virus di Android terlalu dibesar-besarkan.

Akan tetapi, apabila Anda adalah pengguna ponsel Android yang suka memasang aplikasi dari pihak ketiga yang anda sendiri tidak tahu asal usulnya atau dari blackmarket, ada baiknya Anda memasang sebuah antivirus dan melakukan pemindaian virus secara berkala.

Kelemahan Antivirus sendiri akan lebih banyak mengkonsumsi daya Batterai, dapat mengambil ruang disk Penyimpanan, mengganggu Aktivitas anda karena akan memberitahukan dan mengurangi kecepatan pemrosesan. Jadi kesimpulannya adalah Anda lebih baik memasang antivirus demi menjaga keamanan data-data yang tersimpan pada smartphone android anda.

Sekian artikel dari saya, semoga dapat sedikit memberi pertimbangan  untuk memberi perlindungan ponsel anda. Terima kasih


Tag : Android adalah, virus di android, antivirus untuk android , sejarah android

Perlukah Antivirus Untuk Android?? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: hd

2 komentar:

  1. sangat perlu menurut ane gan soalnya banyak malware di beberapa aplikasi android

    ReplyDelete